Night Diamond Bloody Red - Busy

Jumat, 15 Maret 2013

Kasus pribadi PUM2


Nama              : Lucy Gabriella Hutauruk

NIM                : 121301048

Kelas               : B (Genap)

Studi Kasus    : Operant Conditioning dalam kehidupan sehari-hari

Rabu, 6 Maret 2013

Pengondisian operan adalah pembelajaran dimana suatu respon yang disadari, diperkuat atau diperlemah, tergantung pada konsekuensi yang menyenangkan atau tidak. Pengondisian ini lebih banyak menekankan kepada penguat (reinforcement) baik positif atau negatif serta hukuman (punishment). Hal ini banyak terjadi pada pengalaman belajar setiap orang. Termasuk saya. Salah satu pengalaman saya yang menunjukkan adanya bentuk dari proses operant conditioning ini mengarah kepada penguatnya yang secara positif.

Jika saya berada dalam masa liburan, saya akan pulang ke daerah asal saya. Biasanya, jika sudah di rumah, setiap harinya saya akan bekerja membantu mama dan kakak yang tinggal di rumah beres-beres dan memasak. Sekalian saya belajar sedikit demi sedikit menjadi ibu rumah tangga yang baik. Tetapi, pada saat itu saya mau bekerja karena disuruh saja.

Pernah suatu kali saya bekerja tanpa disuruh dan saya mengerjakan pekerjaan yang lebih banyak daripada pekerjaan sebelumnya. Biasanya saya, menyapu rumah, mencuci baju, menyetrika, membereskan semua kamar di rumah, mencuci piring dan membantu masak. Sekali lagi, itupun karena disuruh. Saat itu saya mendadak rajin. Saya telah mengerjakan pekerjaan yang biasa, setelah itu saya melanjut membersihkan halaman dan bunga-bunga, membersihkan sepatu-sepatu kantor mama, mengajari adik-adik saya. Mungkin karena melihat perilaku ‘mendadak rajin’ saya ini, mama memberi uang jajan kepada saya. Biasanya kalau saya liburan tidak pernah diberi uang jajan. Karenanya, saya pun bekerja tanpa harus disuruh terlebih dahulu.

Pada pengalaman saya tadi, terbukti bahwa operant conditioning yang mengarah kepada reinforcement positifnya bekerja pada saya. Saya biasanya bekerja harus diperintah terlebih dahulu, tetapi karena saya diberi penguat yaitu ekstra uang jajan pada liburan, membuat saya bekerja tanpa harus disuruh. Dan itu menjadi kebiasaan saya di rumah sampai sekarang. Saya bekerja tanpa harus diperintah lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

My Blog List

Footer Widget 1

Total Tayangan Halaman

Footer Widget 3

Blogger templates

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Footer Widget 2

About Me

Search

Popular posts