Night Diamond Bloody Red - Busy

Kamis, 23 Mei 2013

Studi Kasus : Emosi dan Agresi dalam kehidupan sehari-hari


Rabu, 15 Mei 2013

Emosi merupakan perasaan yang muncul dari dalam diri seseorang (baik posotf maupun negatif) dikarenakan adanya stimulus dari luar dan ditandai dengan reaksi secara fisiologis dan psikologis. Misalnya rasa takut. Rasa takut merupakan salah satu bentuk emosi yang reaksi fisiologisnya tampak.

Contoh dalam kehidupan saya adalah, ketika saya pulang dari sekolah ketika SMP, saya melihat beberapa ekor anjing kira-kira 10 meter jaraknya dari saya. Lalu reaksi saya pada saat itu adalah deg-degan, keringat dingin dan gemetar. Pada saat yang bersamaan, saya jadi merasa takut dan cemas. Kejadian tersebut sama seperti teori Cannon-Bard. Dimana ketika stimulus datang (anjing), maka bagian talamus di otak melakukan kedua hal sekaligus : pertama talamus merangsang sistem otonom yang menghasilkan perubahan fisiologis yang terlibat dalam emosi (meningkatnya degup jantug, keringat dan gemetar) lalu yang kedua adalah talamus mengirim pesan kepada korteks serebrum, dimana pengalaman emosi dipersepsi.

0 komentar:

Posting Komentar

My Blog List

Footer Widget 1

Total Tayangan Halaman

Footer Widget 3

Blogger templates

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Footer Widget 2

About Me

Search

Popular posts