Night Diamond Bloody Red - Busy

Kamis, 23 Mei 2013

Studi Kasus : Memori dalam kehidupan sehari-hari


Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, setiap orang pasti mendapatkan pelajaran setiap harinya. Dan yang nerperan besar dalam proses ini adalah memori. Memori manusia itu seperti PC yang kita kenal. Maksudnya adalah cara kerja memori kita ini sama seperti PC, yaitu, Proses pemasukan data atau informasi yang disebut encoding, lalu informasi tersebut diolah dan dan disimpan disebut sebagai proses storing kemudian ketika kita ingin menggunakan kembali informasi yang telahvkita simpan tersebut atau dalam bahasa simpelnya kita ingin mengingat kembali ingatan kita disebut dengan proses retrieving.

Kali ini kasus pribadi yang saya ambil adalah tentang memori jangka pendek. Dan ini terjadi pada hari yang sama dimana saya belajar PUM 2 tentang memori. Seperti biasa, stelah presentasi selesai, dosen memberikan feedback kepada kami. Kak Indri menjelaskan kembali tentang memori. Baik dari pengertian, jenis, dan yang lainnya yang masih berhubungan dengan memori. Ketika itu, kak Indri memberikan tampilan slide yang berisi tulisan nama-nama hewan, buah dan pohon/bunga (kalau saya tidak salah, saya agak lupa). Kemudian, kami diberi waktu dalam beberapa menit untuk menghapal apa-apa saja nama yang ada di slide tersebut. tiba-tiba, nama saya dipanggil oleh kak Indri, saya tidak terlalu konsentrasi, sehingga saya hanya bisa mengingat nama-nama di kolom pertama, 1 nama hewan di kolom kedua dan ketiga pada baris terakhir.

Dari pengalaman tersebut, saya mengerti bagaimana proses memori berlangsung dan bagaimana jenis dari memori yang Short Term Memory tersebut. mungkin ini salah satu pengalaman pribadi dari sekian pengalaman lainnya tentang kasus yang berhubungan dengan memori. Terimakasih.

 

0 komentar:

Posting Komentar

My Blog List

Footer Widget 1

Total Tayangan Halaman

Footer Widget 3

Blogger templates

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Footer Widget 2

About Me

Search

Popular posts