Night Diamond Bloody Red - Busy

Selasa, 04 Juni 2013

Stress and Health dalam kehidupan sehari-hari

Rabu, 29 Mei 2013
Stress merupakan keadaan dimana perasaan cemas atau terancama yang datang kepada kita yang melebihi kemampuan kita. Sumber-sumber stress itu banyak. Diantaranya life events, frustasi, konflik, tekanan dan kondisi lingkungan. Keadaan stress ini dapat mempengaruhi kesehatan kita juga. Tergantung bagaiaman kita dalam menanggapi sumber-sumber stress kita. Salah satu contoh stress dalam kehidupan saya adalah ketika masa-masa snmptn tulis. Diman pilihan universitas dan jurusan yang saya inginkan bertentangan dengan keinginan orangtua.
Ketika itu saya membuat pilihan Universitas Gadjah Mada, sementara orang tua saya mengingkan saya memilih Universitas Sumatera Utara. Saya sejak SMA sudah bertekad untuk berkuliah di luar pulau Sumatera ini, dan awalnya orangtua saya mendukung. Entah karena apa, tiba-tiba orang tua saya berubah pikiran dan menyuruh ssaya membuat USU menjadi pilihan pertama. Tentu hal ini membuat saya sedih dan tertekan. Dan pada akhirnya saya lulus. Tetapi bukan di pilihan yang saya inginkan tetapi saya lulus di pilihan orangtua saya. Pada saati itu saya sebenarnya kurang senang, karena tidak sesuai dengan ekspektasi saya. Keadaan seperti ini disebut dengan approach-avoidance conflict. Dimana, saya memperoleh suatu hasil yang positif (lulus di PTN melalui jalur SNMPTN Tulis) dan hasil yang negatif ( Tidak sesuai dengan harapan dan cita-cita saya) secara bersamaan. Dan alhasil, rasa ketidakpuasan tersebut terlihat dari kondisi fisik saya ketika menjalani perkuliahan di semeter pertama. Saya tidak selera makan, sehingga pola makan pun tidak teratur. Saya juga menjadi malas-malasan. Akhirnya berat badan saya turun drastis.

Mungkin itu menurut saya salah satu studi kasus mengenai stress and healt. Sekian dan terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar

My Blog List

Footer Widget 1

Total Tayangan Halaman

Footer Widget 3

Blogger templates

Blogger templates

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Footer Widget 2

About Me

Search

Popular posts